Lockwood & Co: The Creeping Shadow

Lockwood & Co.--Lockwood and Corporation. Sebuah serial novel kedua karya Jonathan Stroud setelah Bartimaeus Sequence yang digemari para pembaca hampir dari seluruh dunia! Malam ini, saya ingin sekali membahas tentang buku keempat dari Lockwood & Co. berikut yang saat ini di Indonesia sedang dalam proses terjemahan, The Creeping Shadow.


Sinopsis


A city besieged by spirits? A cannibal risen from the dead? There's only one ghost-hunting team you need...

But Lockwood & Co. is an agent down-- Lucy Carlyle is now a freelance operative.

And they have a lot on their plate: monstrous handprints on a window, sinister chopping sounds from a haunted kitchen... not to mention the Creeping Shadow-- a hulking menace that stalks a village churchyard, raising spectres from their graves.

The team desperately need Lucy's help.
If she can be persuaded to return...

Terjemahan kasar


Sebuah kota yang terkepung oleh roh? Kanibal yang bangkit dari kematian? Hanya ada satu tim pemburu hantu yang Anda butuhkan...

Tetapi Lockwood & Co. kekurangan satu agen. Lucy Carlyle kini adalah seorang operatif lepas.

Dan mereka sangat sibuk: jejak-jejak tangan di jendela, suara-suara memotong yang mengerikan dari dapur yang berhantu... belum lagi Bayangan Merayap -- ancaman besar yang mengikuti halaman gereja sebuah desa, membangkitkan para spectre dari kuburan mereka. 

Tim sangat putus asa membutuhkan bantuan Lucy. 
Seandainya dia bisa dibujuk untuk kembali...

Nah, begitulah sinopsis singkatnya yang sempat saya salin dari bagian belakang novel beserta sinopsis translate-an kasar yang sudah saya terjemahkan. (Mohon maaf apabila terdapat beberapa keganjilan kata ><)

Berhubung saya tidak menggunakan kartu kredit, saya berhasil membeli kopian The Creeping Shadow ini melalui jasa pemesanan online lewat Facebook. (Halamannya bisa di cek disini, namun selain itu buku ini dapat dipesan melalui bukupedia, langsung dari Amazon, atau Book and Beyond. Saya pribadi memilih melakukan pemesanan lewat Amazon)

Bila dibandingkan dengan buku pertama sampai ketiga (The Screaming Staircase/Undakan Menjerit, The Whispering Skull/Tengkorak Berbisik, The Hollow Boy/Lelaki Berongga), The Creeping Shadow bisa dibilang paling tebal di antara ketiganya. Total halaman mencapai 546 halaman jika di hitung sampai bagian Glossary. 

Dan, yang paling penting: cover paperback dari seri L&C keempat edisi berbahasa Inggris ini memuat Lockwood dan Lucy!

Penting? Iya, penting sekali dong. Karena ketiga buku sebelumnya hanya memuat Lockwood seorang diri, kali ini para pembaca di hadapkan dengan kedua tokoh utama dari seri ini yang terpampang langsung di depan cover. 

...dan kedua, memang ilustrasi covernya sendiri juga sangat, sangat relevan dengan isi ceritanya kali ini. ;)



(MAJOR SPOILER AHEAD) 


The Creeping Shadow, yang akan saya singkat saja dengan TCS di postingan ini, bermula dari menceritakan keseharian Lucy 4 bulan setelah ia meninggalkan Lockwood & Co., yang alasannya sudah sangat jelas diceritakan di buku ketiga. Suatu saat, ia dikagetkan oleh Lockwood yang mendatanginya langsung ke flat dimana Lucy tinggal usai ia meninggalkan Portland Row. Dan benar saja, Lockwood meminta Lucy untuk membantunya dalam sebuah kasus yang sangat mengandalkan Daya Dengar. 

Awalnya Lucy merasa sangat gusar mengingat Lockwood sempat mengatakan bahwa Penelope Fittes yang "menyuruh"nya untuk mendatangi Lucy. Namun, kesalahpahaman di antara mereka berdua dapat terselesaikan dengan baik di bagian klimaks novel. (spoiler: yang, tentu saja bukan Penelope yang menginginkan Lockwood menggunakan "jasa" Lucy, melainkan Lockwood sendiri yang ingin Lucy kembali ke L&C). 

Ya, TCS memang berpusat kepada Lockwood dan Lucy. Lebih tepatnya, bagaimana Lockwood mencoba "membujuk" secara halus Lucy untuk kembali ke Lockwood & Co., dan bagaimana character development serta perkembangan hubungan Lucy dengan anggota Lockwood & Co. lainnya, terutama pada Lockwood dan Holly terealisasikan dengan sangat baik. 

Saya pribadi menjadikan TCS sebagai edisi favorit dari serial L&C. Misteri tentang "the Other World" mulai di kupas, terutama si Tengkorak. Pengakuannya di akhir chapter membuat saya menganga kaget. Apalagi, adegan-adegan manis (Lockwood holded Lucy's hand, and they shared a spirit-cloak together in the Other Side heh heh) antara Lockwood dan Lucy yang--ehem, membuat saya benar-benar senang. (Locklyle shipper, who's with me? ;D) Tidak lupa bagaimana ditunjukkannya George yang pengertian meskipun seperti biasa, kalimat tajam berbumbu sarkasme yang selalu ia lontarkan. Dan juga adegan dimana Lucy membela Holly menjadi salah satu adegan favorit saya.

Lalu, tentu masih ingat dengan Quill Kipps, bukan? Di buku keempat ini, ia mendadak menjadi salah satu karakter favorit saya setelah Lockwood dan Lucy. Quill Kipps yang kemunculan awalnya menyebalkan, selang beberapa buku pendapat mengenai Kipps sebelumnya akan dengan mudah berubah usai membaca TCS. Usianya yang kian menua membuatnya ia tidak bisa "melihat apa yang seharusnya tidak dilihat" dengan baik. Dan lagi dengan adegan pada ending chapter yang membuat para pembaca benar-benar gemas-kesal dan ingin melindungi serta sangat bersimpati pada Kipps. (Quill Kipps protection squad!)

Yep, ending chapter dari TCS ini sama sekali tidak terduga. Cliffhangernya yang ditinggalkan pun juga sukses membuat saya melongo. Berikutnya semua pertanyaan dari buku 1 sampai 4 (yang kebanyakan dari buku 4 sendiri) akan terjawab di buku 5 yang kini sedang dalam proses penggarapan oleh Jonathan Stroud.


***

Buku kelima yang akan menjadi lanjutan dari TCS sekaligus penutup akhir dari seri Lockwood & Co. di rencanakan akan di rilis pada tanggal 7 Oktober mendatang dengan judul The Empty Grave. Sinopsisnya bahkan sudah di luncurkan. 



Five months after the events in THE CREEPING SHADOW, we join Lockwood, Lucy, George, Holly, and their associate Quill Kipps on a perilous night mission: they have broken into the booby-trapped Fittes Mausoleum, where the body of the legendary psychic heroine Marissa Fittes lies. Or does it? 

This is just one of the many questions to be answered in Book 5 of the Lockwood & Co. series. Will Lockwood ever reveal more about his family's past to Lucy? Will their trip to the Other Side leave Lucy and Lockwood forever changed? Will Penelope Fittes succeed in shutting down their agency forever? The young agents must survive attacks from foes both spectral and human before they can take on their greatest enemy in a climactic and chaotic battle. And to prevail they will have to rely on help from some surprising—and shadowy—allies.

Terjemahan kasar: 


5 bulan setelah kejadian di TCS, bergabung dengan Lockwood, Lucy, George, Holly dan rekan mereka, Quill Kipps dalam sebuah misi malam yang penuh bahaya: mereka membobol masuk kedalam perangkap Fittes Mausoleum, dimana tubuh dari pahlawan wanita psikis legendaris Marissa Fittes terletak. Atau mungkinkah?

Ini hanyalah satu dari banyak pertanyaan yang akan terjawab di buku ke-5 dari serial Lockwood & Co. Akankah Lockwood mengungkapkan lebih banyak tentang masa lalu keluarganya kepada Lucy? Akankah perjalanan mereka ke Dunia Lain membiarkan Lucy dan Lockwood menjadi selamanya berubah? Akankah Penelope Fittes berhasil menutup agensi mereka selamanya? Para agen muda harus bertahan terhadap serangan-serangan dari musuh, keduanya baik spectral dan manusia sebelum mereka dapat membalas musuh terbesar mereka dalam pertempuran klimaks dan kacau. Dan untuk mengungkapkannya, mereka harus bergantung pada bantuan dari beberapa sekutu yang mengejutkan. 

Mengungkap rahasia Marissa Fittes? Membobol masuk kedalam Fittes Mausoleum? Pengungkapan masa lalu keluarga Lockwood? Kelanjutan "hubungan" Lockwood dan Lucy? Sekutu yang "suram dan mengejutkan"? Lockwood & Co. dan Kipps? *HITS THE RED BUTTON* Sign me in!

Saya sangat semangat menghitung hari sampai jadwal rilis The Empty Grave sembari menabung, nih. Tampaknya, buku kali ini akan menjadi jauh lebih tebal daripada TCS mengingat harganya untuk edisi paperback lebih mahal dibandingkan dengan keempat novel sebelumnya.

Comments

  1. Thank you for the review! Saya juga suka sekali dengan L&C! Dan saya juga shipper Lucy Lockwood hehehe.. saya terinspirasi sampai memenuhi IG saya dengan ilustrasi yang saya buat. saya menunggu Gramedia merilis versi Indonesianya juga, can't wait! ;)

    ReplyDelete
  2. You're very welcome! Asyiiik, sesama shipper Lucy dan Lockwood! *tos tos* saya juga tengah menunggu versi Indonesianya nih, penasaran dengan cover versi Indonesianya hehehe. Semoga tahun ini bakal di rilis, ya. :)

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu! Bagi kegundahan saya menunggu buku keempat ini selesai diterjemahkan lalu nongkrong di gramedia hehehehe,,,,,terima kasih atas review-nya dan juga spoilernya, saya sama sekali tidak keberatan hehehe. Ending dr buku ketiganya bikin nyesek jd pengen banget cepet2 baca buku keempatnya. Gak ikhlas pake banget kalau Lockwood dan Lucy berpisah seperti itu, hope they will be a couple hehehe.

    Dan untuk buku kelimanya, saya orang paling sabar kok jadi om Stroud semoga Anda bisa cepat menyelesaikannya dan cepat terbit disini hahahaha....

    terima kasih sekali lagi, salam Locklyle shipper๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu! ๐Ÿ˜‰ Terimakasih kembali, salam Locklyle shipper juga! ๐Ÿ˜Š

      Delete
  4. rilis buku indo nya kira2 kapan ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya kurang tahu juga nih. Tapi kalau kira-kira melihat dari jangka waktu sejak penerjemahan The Hollow Boy kemarin, semoga saja tahun ini akan diterbitkan. Semoga saja... :')

      Delete
    2. Hai! Update: Lockwood & Co. The Creeping Shadow atau Bayangan Mengendap akan segera diterbitkan di Indonesia pada tanggal 7 September mendatang! http://mop-heads.blogspot.co.id/2017/08/lockwood-co-kabar-gembira.html?m=1

      Delete
  5. Saya sudah baca buku ke-4 ini dan senang sekali mendapati banyak sekali adegan hanya ada lockwood dan lucy. Mereka bikin gemas! Semoga di buku ke-5 akan lebih banyak moment lucy-locky :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Maaf sekali atas keterlambatan saya dalam membalas pesan ini... ๐Ÿ˜ญ

      Iya, polos-polos lugu bikin gemas bangettt! Amin, saya juga tidak sabar sekali nih menanti kelanjutan (dan sedihnya, ending ๐Ÿ˜ข) dari kisah mereka. ๐Ÿ˜Š

      Delete
  6. Btw, udah ada seri selanjutnya neeh The Empety Grave. Kira2 kapan rilis terjemah indonya yaa? Kayaknya lama ya? Pan baru rilis kemarin september 2017 di inggris :(

    ReplyDelete
  7. Hai lagi! Maaf baru balas, ya. Iyaa nih! Alhamdulillah saya sudah membeli The Empty Grave edisi UK, namun belum sempat dibaca hingga tuntas (maklum sudah kelas 12, huhuhu ;_; nanti kalau segala urusannya sudah usai dan buku terakhir selesai terbaca insya Allah saya akan mulai mereviewnya!)

    Iya sepertinya masih lama... dugaan saya antara akhir tahun ini atau awal tahun 2019, mungkin? Mengingat jeda penerbitan translasi Bahasa Indonesia kemarin...

    ReplyDelete
  8. kak mau tanya, beli buku 5 nya dimana yaa... kira2 ada olshop indonesia yg buka po ga ya?

    ReplyDelete
  9. Hai! Maaf nih baru bisa balas. ><

    Saya waktu itu PO lewat Monomania (bisa di search di FB), dengan menyertakan link bukunya dari amazon.

    Tapi bisa juga pesan lewat bukupedia/books and beyond! :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts